Inilah Alasan Kenapa Anda Belum Sukses Di Bisnis Online

Inilah Alasan Kenapa Anda Belum Sukses Di Bisnis Online - Bisnis online kini berkembang makin pesat seturut dengan maraknya penggunaan internet di tanah air. Dulu, untuk menjadi pengusaha dibutuhkan proses yang panjang. Mereka yang ingin terjun ke dunia bisnis dulu perlu memiliki tempat dan mengurus ijin-ijinnya yang cukup panjang.

Kini, dengan bisnis online, semua orang dapat menjadi pengusaha. Setiap orang dapat membuka bisnis mereka sendiri secara online. Bagi bagi mereka yang tidak mempunyai barang dagangan sekalipun, kini dapat menjadi reseller dan memulai usaha mereka. Betapa mudahnya menjadi pengusaha pada masa ini. Akan tetapi, semakin banyaknya bisnis online yang bermunculan maka akan semakin sengit pula persaingan diantara mereka.

Inilah Alasan Kenapa Anda Belum Sukses Di Bisnis Online


Pebisnis online yang menjual suatu barang akan bersaing dengan mereka yang menjual barang yang sama. Persaingan yang semakin ketat ini tentunya akan menyisakan korban. Beberapa pebisnis online harus tutup karena tidak ada keuntungan. Anda mungkin salah satu dari mereka yang bertanya kenapa bisnis online Anda tidak kunjung sukses.

Beberapa Alasan Kenapa Anda Belum Sukses Di Bisnis Online

Faktor pertama yang perlu dicek ketika bisnis online Anda tidak membuahkan hasil berarti adalah barang atau jasa yang dijual. Produk yang dijual tentunya akan sangat menentukan kesuksesan suatu bisnis, entah online ataupun offline. Sebagai pebisnis, Anda perlu memeriksa apakah produk yang Anda tawarkan tersebut akan banyak peminat. Produk tersebut haruslah yang menjawab kebutuhan masyarakat.

Kebutuhan pokok haruslah yang dibidik oleh para pebisnis online. Sandang, pangan, dan papan yang menjadi kebutuhan utama haruslah dicari produknya. Makanan tentunya yang makin laris untuk dibeli. Untuk makanan haruslah mempunyai daya tarik. Baik dari segi rasa, kesehatan, hingga manfaatnya yang lain. Pakaian dapat dijadikan produk untuk berjualan. Namun lebih baik lagi jika bisnis pakaiannya terspesialisasi. Anda dapat memilih hanya menjual pakaian dalam, kaos berkerah, kaos kaki, hingga celana panjang saja.

Begitu pula dengan pengusaha yang hanya menjual alas kaki saja. Spesialisasi terhadap satu produk akan membuat Anda semakin dipercaya. Hal ini sama dengan kesehatan, jika ada masalah dengan telinga Anda, Anda akan lebih percaya untuk pergi ke dokter THT daripada ke dokter umum. Hal ini juga berlaku bagi usaha bisnis Anda.

Untuk kebutuhan papan, Anda perlu mencari inovasi. Tentunya tidak mungkin jika Anda menjual rumah tinggal atau atap rumah secara online dan dikirim via ekspedisi. Kebutuhan akan papan ini dapat Anda artikan dengan menjual inovasi baru seperti rak buku yang tidak makan tempat atau hiasan dinding untuk mempercantik ruangan. Inovasi melalui ide kreatif perlu dipikirkan. Anda perlu memeriksa kembali apakah saat membuka bisnis online, Anda berawal dari pertimbangan matang ataukah ikut-ikutan saja.

Selanjutnya adalah masalah teknik. Ini bicara tentang cara Anda melayani pelanggan. Sebagai pebisnis online, Anda tidak akan bertemu dengan pelanggan namun berkomunikasi via aplikasi ponsel pintar serta media sosial. Kadang para pebisnis online merasa sebagai seseorang yang dibutuhkan. Mereka merasa tinggi hati atau buat bisnis hanya karena ikut-ikutan saja.

Hal ini membuat mereka melayani pelanggan seperti teman mereka saat berkomunikasi di dunia maya. Apabila tidak dibalas dan diberi tindakan ping di BBM atau WhatsApp, mereka akan marah seperti kepada teman sendiri. Beda dengan bisnis tatap muka di mana dari dulu telah diajarkan bahwa pembeli adalah raja. Sebagai pebisnis, Anda perlu melayani konsumen Anda dengan baik.

Entah mereka hanya tanya-tanya saja tanpa membeli atau selalu membeli. Semua harus dilayani dengan baik. Tidak perlu marah jika ada konsumen yang banyak bertanya namun akhirnya tidak membeli. Seringkali pebisnis dengan gampang mengancam untuk melakukan blok terhadap konsumen yang tidak membaca ketentuan atau sedikit-sedikit bertanya. Tentunya jika Anda berjualan secara offline, Anda tidak akan dapat mengharamkan seseorang untuk datang ke toko Anda. Intinya, layani dengan sebaik-baiknya karena tanpa konsumen, usaha Anda tidak akan sukses.