6 Ide Bisnis Usaha Sampingan yang Sesuai dengan Wanita Karier

Meski punya pekerjaan tetap yang menjanjikan, sebagian wanita karier ternyata ingin menjalankan ide bisnis usaha sampingan. Terutama kalau mereka ingin menyalurkan hobi atau bakat yang tidak tersalurkan lewat pekerjaan utama tadi. Di sisi lain, ada juga wanita karier yang ingin berbisnis karena naiknya harga kebutuhan sehari-hari. Sehingga, mereka pun membutuhkan pemasukan lebih agar pemasukan mereka tetap seimbang dengan pengeluarannya.

6 Ide Bisnis Usaha Sampingan yang Sesuai dengan Wanita Karier

Apa saja bisnis sampingan yang cocok dijalankan wanita karier?

Toko Bunga

Meski membutuhkan modal yang cukup besar, tetapi usaha ini cukup menguntungkan. Anda yang jago dalam mengurus bunga bisa mengembangkan hobi ini menjadi usaha yang menjanjikan. Sebelum Anda membuka toko bunga, pastikan Anda punya waktu luang untuk mengelolanya sejak Anda punya satu pekerjaan utama. Selain bunga, Anda juga membutuhkan peralatan pendukung seperti pot, keranjang, plastik, tanah, pupuk, bambu, dan kebutuhan berkebun lainnya. Jika Anda terlalu sibuk mengurusnya sendirian, Anda bisa menggunakan jasa teman atau saudara dengan hobi yang sama.

Laundry atau Penatu

Ide bisnis usaha sampingan ini memang sedang berkembang pesat. Anda yang tinggal di kawasan indekos atau area sibuk lainnya dapat menggunakan jasa pencucian ini sebagai bisnis. Seperti halnya toko bunga, Anda perlu modal yang cukup besar untuk membeli alat-alat dalam usaha laundry. Di antaranya mesin cuci dengan pengering, setrika, dan perangkat untuk instalasi listrik. Sebab, Anda akan membutuhkan banyak pasokan listrik untuk menjalankan mesin cuci dan setrika. Anda juga harus mempekerjakan beberapa orang untuk menyelesaikan tugas-tugas atau pesanan supaya tepat waktu.

Kosmetik

Wanita akan selalu berusaha untuk tampil cantik dan kosmetik adalah salah satu ‘senjata’ mereka untuk mempercantik wajah. Jika Anda seorang wanita karier yang juga gemar dengan dunia tata rias, maka ide bisnis usaha sampingan ini sangat cocok bagi Anda. Sebelum menjalankan bisnis ini, ada baiknya Anda riset terlebih dahulu. Sebab, beberapa kosmetik yang beredar di pasaran banyak mengandung bahan kimia berbahaya. Salah satunya adalah merkuri yang sangat berbahaya untuk tubuh. Maka, jual kosmetik yang sudah terdaftar secara resmi di BPOM seperti produk dari Novi Kosmetik. Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan kosmetik yang sudah Anda pakai selama bertahun-tahun dan aman digunakan pada teman kantor atau kerabat.

Butik Pakaian atau Tas

Selain kosmetik, wanita juga sangat memperhatikan apa yang mereka kenakan. Anda yang punya hobi atau bakat dalam merancang tas atau sepatu bisa menyalurkannya untuk usaha sampingan. Dalam hal ini, Anda harus tahu terlebih dahulu rancangan yang sedang tren dan diminati masyarakat. Anda bisa mendesain pakaian atau tas dengan konsep yang out of the box. Namun, perhatikan juga nilai jual dan pakaiannya. Sebab, konsumen akan berpikir dua kali untuk membeli produk Anda kalau tidak bisa dipakai meski Anda bisa mengembangkan ide bisnis usaha sampingan dengan gaya yang berbeda.

Sepatu

Barang pakai lain yang sangat diminati kaum wanita adalah sepatu. Sebagai wanita karier, Anda juga pasti mengakui kalau keberadaan sepatu sangat mempengaruhi penampilan saat bekerja atau tengah melakukan presentasi di depan klien. Salah satu jenis sepatu yang diminati kaum hawa adalah hak tinggi atau high heels. Di sisi lain, Anda juga harus cermat dalam mengembangkan konsep dari desain high heels tersebut. Seperti halnya pakaian dan tas, sepatu tetap harus laik pakai meski konsepnya beda dengan rancangan kebanyakan yang beredar di pasaran.

Perlengkapan Bayi

Ide bisnis usaha sampingan ini sangat menguntungkan bagi wanita karier yang sudah berkeluarga maupun ibu rumah tangga biasa. Anda bisa memulainya dengan menjual perlengkapan bayi di rumah yang sudah tidak terpakai. Namun, pastikan usia perlengkapan tersebut tidak terlalu tua untuk dijual. Seperti yang kita ketahui, kesehatan bayi masih tergolong rapuh dan rentan akan penyakit. Bakteri dan kuman yang masih menempel di perlengkapan bayi bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya. Jadi, pilihlah perlengkapan bayi yang baru atau jarang dipakai.

Demikian ide bisnis usaha sampingan yang bisa dikembangkan oleh para wanita karier dan semoga bermanfaat!