Tips Wanita Karir untuk Merencanakan Masa Depan

Tips Wanita Karir untuk Merencanakan Masa Depan - Jika ditelaah lebih dalam bisa dikatakan bahwa menentukan karir wanita itu lebih rumit daripada pria. Ini dikarenakan kebanyakan wanita tidak hanya dituntut supaya mengurus diri sendiri tetapi juga memprioritaskan keluarga (khususnya mereka yang sudah berkeluarga).

Bicara tentang tips wanita karir memang bisa dibilang sangat kompleks. Ada beragam peran yang harus dilaksanakan oleh seorang wanita dan mereka pun secara langsung dan tidak langsung dituntut bekerja total dan baik.

Tips Wanita Karir untuk Merencanakan Masa Depan

Awam sendiri berpikir bahwa karir wanita pastilah yang berkaitan dengan hal ekonomi dan pekerjaan. Karir berorientasi pada hal yang berbau finansial atau keuangan. Maka dari itu pula tidak jarang kita melihat seorang wanita yang akhirnya meninggalkan keluarga demi pekerjaan di luar rumah. Tujuannya untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi.

Padahal jika kita telaah lagi karir tidak hanya harus di luar rumah. Sejatinya bagi seorang wanita, prioritas bukanlah menghasilkan uang. Justru Tuhan Yang Maha Esa menghendaki wanita untuk berbakti pada suami, mengurus anak dan rumah tangga dengan baik.

Namun sayang sekarang bagi mereka wanita yang sudah menikah sering kali tidak memahami hal mendasar ini. Akhirnya, mereka malah mengejar karir, mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi dan sebagainya. Sementara itu, pemahaman bahwa wanita harus berbakti pada suami serta mengurus anak-anak malah menjadi nomor sekian.

Tips Wanita Karir Berdasarkan Status

Untuk itu, bagi seorang wanita -penting- untuk mengetahui posisinya terlebih dahulu sebelum merencanakan karir untuk masa depan. Berkarir dan berkarya sendiri tidak masalah bagi seorang wanita yang sudah menikah atau belum. Yang penting adalah tahu menempatkan prioritas dan sebagainya.

Setidaknya ada 3 kategori wanita berdasarkan statusnya yang bisa menjadi panduan bagi Anda yang sedang ingin menjejaki karir selanjutnya:

1. Wanita lajang

Jika Anda masih berstatus lajang maka gunakanlah masa lajang Anda tersebut untuk menggali berbagai ilmu pengetahuan dan menggapai apa yang Anda inginkan. Sebagai contoh, jika Anda adalah seorang pegawai maka bekerjalah sebaik-baiknya supaya apa yang Anda targetkan atau impikan tercapai.

Atau jika Anda punya tujuan untuk studi maka Anda harus aktif mencari beasiswa seusai lulus S1. Jika ingin memulai wiraswasta maka mulai merintis usaha bahkan sebelum lulus kuliah.

Intinya, pada masa lajang ini merupakan waktu terbaik bagi seorang wanita untuk meningkatkan karirnya. Ini dikarenakan Anda tidak punya tanggungan dan masih sendiri. Yang perlu Anda pikirkan ‘hanyalah’ mengabdi ke orang tua.

2. Wanita menikah dan belum punya anak

Menikah bukanlah menjadi halangan bagi seorang wanita untuk berkreativitas dan berkarya. Terlebih lagi jika Anda belum punya anak maka pergunakan waktu ini untuk menggapai apa yang belum sempat atau beberapa target yang memang Anda sisihkan untuk Anda capai pada saat setelah menikah. Ada banyak cara dan tips wanita karir meski sudah menikah, bukan? Yang penting masih dalam koridor yang positif, Anda bisa bekerja ataupun kuliah lagi atau juga membuka sebuah usaha. Hitung-hitung sebelum memiliki momongan turut membantu suami untuk mempunyai tabungan masa depan.

3. Wanita menikah dan sudah punya anak

Anak memang bukan penghalang juga bagi Anda untuk berkreativitas dan berkarya. Bahkan keberadaan anak tersebut bisa dijadikan inspirasi untuk melakukan apa. Di sini Anda dituntut untuk menjadi seorang istri sekaligus ibu yang cekatan. Anda bisa tetap menjalankan karir sekaligus pula berbakti pada suami dan mengurus anak-anak.

Setiap masa pada wanita bisa menjadi inspirasi untuk berkarir. Tidak ada penghalang. Bahkan istimewanya, wanita yang mampu merencanakan karirnya dengan baik sangat dipujikan -karena peran mereka bukan hanya satu saja.

0 Response to "Tips Wanita Karir untuk Merencanakan Masa Depan"

Posting Komentar