Ide Bisnis Usaha Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga

Peluang atau ide bisnis usaha sampingan bagi ibu rumah tangga sekarang ini yang dinilai paling populer diantaranya adalah bisnis yang bergerak dalam bidang makanan atau kuliner. Mengapa kuliner? Apa karena ibu-ibu pintar memasak? Sebenarnya alasan kuliner mampu menjadi bisnis sampingan menjanjikan yang dijalankan oleh ibu rumah tangga adalah sebab makanan menjadi kebutuhan paling utama setiap manusia.

Setelah itu, alasan yang kedua baru mengarah pada kemampuan memasak yang umumnya dimiliki oleh ibu rumah tangga. Sudah tentu dengan bekal kemampuan memasak yang lebih kreatif dan inovatif, pada ibu rumah tangga tidak akan kehilangan peluang bisnis semacam ini meskipun mengerjakan usahanya sambil mengurus keluarga tercinta. Terlebih lagi pilihan usaha kuliner yang ada sangat beragam.

Ide Bisnis Usaha Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga


Bagi Anda, ibu rumah tangga yang sedang mencari ide bisnis usaha sampingan menjadikan dalam bidang kuliner. Beberapa inspirasi yang ada dibawah ini dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Menerima pesanan pembuatan aneka macam kue

Kue sekarang ini bukan hanya menjadi kudapan yang disajikan ketika lebaran atau hari-hari besar saja. Akan tetapi sebagian masyarakat bahkan telah menjadikannya sebagai kudapan wajib sehari-hari yang dapat menemani suasana liburan akhir pekan, menonton TV bersama keluarga atau pun membaca buku. Kue dan segelas teh atau kopi panas memang pilihan yang tepat untuk menemani berbagai aktivitas santai tersebut.

Oleh karena itu Anda dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk menerima order atau pesanan membuat aneka macam kue. Mulai dari aneka kue kering hingga kue basah. Baik itu kue untuk kudapan rumahan hingga kue yang secara khusus disajikan dalam berbagai acara istimewa maupun perayaan hari besar. Meskipun harga jualnya terkesan tidak begitu menjanjikan, sebenarnya tanpa Anda sadari keuntungan dari penjualan per toples satu jenis kue kering misalnya mampu mencapai angka puluhan ribu. Dengan demikian keuntungan dalam satu kali order yang mencapai puluhan toples sudah mampu menembus ratusan atau jutaan rupiah.

Membuka catering

Bukan hanya kue, catering sekarang ini juga memiliki potensi yang cukup besar. Misalnya saja seperti acara khitanan, pernikahan, ulang tahun hingga hal-hal seputar bisnis sangatlah membutuhkan kehadiran catering. Terlebih lagi jika Anda memiliki wawasan untuk memasak aneka menu nusantara yang menggugah selera. Variasi menu makanan tersebut tentunya akan membuat klien-klien Anda jatuh hati untuk kembali menghubungi Anda di lain waktu.

Untuk ide bisnis usaha sampingan ibu rumah tangga semacam ini dapat Anda promosikan terlebih dahulu mulai dari skala yang terkecil. Contohnya menawarkan layanan catering ke kerabat dekat atau teman-teman arisan Anda yang dalam waktu dekat akan melakukan acara maupun pesta. Jika pelayanan Anda memuaskan, promosi dari mulut ke mulut sudah pasti akan terjadi. 

Dengan begitu Anda dapat terus melanjutkan bisnis tanpa perlu pusing dengan promosi yang harus Anda lakukan. Namun, Anda perlu mengingat baik-baik bahwa kualitas rasa masakan Anda adalah hal utama yang perlu dipertahankan dan dikembangkan jika ingin meraih sukses dalam melakoni bisnis catering.

Membuka warung makan

Warung makan seperti warteg, warung makan nasi goreng, warung bakso hingga warung mie ayam juga pilihan yang sangat cerdas jika Anda menguasai masakan-masakan tersebut. Pasalnya sekarang ini makanan-makanan tersebut menjadi incaran utama masyarakat saat malas memasak. Hanya tinggal ke warung bakso atau mie ayam misalnya, maka mereka dapat menikmati makanan yang nikmat sekaligus mengenyangkan tanpa perlu susah payah memasak ketika sedang sangat lelah sepulang kerja.

Namun jika keahlian menyajikan bakso, mie ayam atau nasi goreng yang lezat masih cukup sulit bagi Anda maka warung makan sederhana dengan menu nasi rames dapat menjadi alternatif pilihan bagi Anda. Membuka warung makan sederhana dengan menu nasi rames aneka lauk di sekitar kampus atau area perkantoran juga tidak kalah menguntungkan untuk Anda jalani.

Itulah beberapa inspirasi ide bisnis usaha sampingan ibu rumah tangga seputar kuliner yang dapat menjadi pilihan cerdas mengisi waktu luang Anda dengan sesuatu yang jauh lebih menguntungkan dibanding hanya melamun di rumah.