website resmi jelita reload pulsa murah

Strategi Memilih Bisnis Usaha Sampingan

Ide bisnis usaha sampingan banyak dibutuhkan oleh beberapa orang, seperti karyawan swasta, ibu rumah tangga, mahasiswa dan sebagainya. Hal tersebut karena beberapa orang merasa membutuhkan tambahan pemasukan selain dari gaji atau pemasukan utamanya.

Banyak sekali macam usaha sampingan yang dapat Anda kerjakan, mulai dari yang bermodal kecil, sedang hingga modal besar. Namun, beberapa orang gagal dalam mengurus atau menjalankan bisnis usaha sampingan tersebut. Hal ini karena beberapa orang kurang memperhatikan strategi memilih bisnis usaha sampingan. Hanya bermodal uang dan ide dari teman, saudara atau karena melihat kesusksesan bisnis orang lain, kemudian banyak orang memulai bisnis usaha sampingannya, tanpa mengetahui, sebenarnya sebelum menjalankan usaha sampingan tersebut ada tahap yang perlu dijalankan.

Strategi Memilih Bisnis Usaha Sampingan


Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara atau tips untuk Anda yang ingin memulai ide bisnis usaha sampingan, yang pertama perlu Anda lakukan adalah memilih bisnis usaha Anda berdasarkan teknik analisis SWOT. Apa itu SWOT? Mari simak pembahasannya.

SWOT merupakan salah satu analisis sistem perencanaan (strategi) untuk menentukan suatu pilihan bisnis usaha, dengan cara mempertimbangkan keempat komponen yaitu : Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Dengan kata lain, sistem analisis SWOT merupakan suatu sistem, cara atau strategi dalam menentukan pilihan usaha dengan mempertimbangkan kekuatan serta kelemahan kita, peluang bisnis yang ada dan ancaman atau resiko dari bisnis sampingan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, akan dibahas satu persatu mengenai  sistem analisis SWOT, yaitu sebagai berikut :

Strengths (kenali kelebihan atau kekuatan Anda)

Berdasarkan beberapa pendapat ahli, telah disampaikan bahwa masing-masing individu memiliki bakat, minat serta kecerdasan yang berbeda-beda, entah itu di bidang musik, tata boga, tata busana, olahraga atau mungkin ahli berpikir.

Karateristik tersebutlah yang perlu untuk Anda kenali terlebih dahulu, lebih mudahnya adalah mengetahui minat maupun bakat Anda. Cari tahu Anda memiliki keahlian tertentu di bidang apa, apa yang Anda sukai, Anda memiliki hobi apa, dan semacamnya, intinya passionyang Anda miliki.

Selanjutnya Anda dapat memilih bisnis atau salah satu dari Ide bisnis usaha sampingan Anda tersebut sesuai dengan kemampuan, kelebihan atau kekuatan yang Anda miliki. Utamakan sesuai minat, kesukaan atau hobi Anda karena bisnis sampingan yang Anda jalankan akan lebih lancar jika Anda menyukainya dari awal.

Weaknesses (kenali kekurangan atau kelemahan Anda)

Bukan hanya mengenali kelebihan Anda, ternyata Anda juga harus mengetahui kelemahan atau kekurangan. Dalam hal menentukan usaha bisnis, kelemahan inilah yang perlu Anda pertimbangkan untuk terhindar dari kegagalan. Misalkan jika Anda tidak pernah bersekolah atau mempelajari mengenai peternakan dan Anda memilih bisnis peternakan, maka kemungkinan kegagalan terbuka lebar.

Bukan tidak mungkin bahwa bisnis tersebut akan berhasil, tapi tentu membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. Akan lebih baik untuk tidak memilih bidang usaha yang tidak Anda kuasai dan tidak Anda sukai. Jangan pernah memaksakan pilihan pada hal yang tidak Anda sukai.

Oppurtunities (kenali peluang pasar)

Analisis selanjutnya adalah mengenali peluang pasar yang ada. Peluang dapat Anda perhatikan berdasarkan perkembangan jaman saat ini, melihat corak atau keadaan masyarakat di tempat Anda akan membangun usaha Anda. Anda juga dapat menentukan berdasarkan jenis bisnis yang berpeluang besar dan sesuai dengan pangsa pasar, Anda dapat melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu mengenai hal tersebut.

Threats (kenali resiko atau ancaman yang ada)

Jika ketiga hal tersebut di atas telah Anda lakukan, maka yang terakhir adalah mengenali resiko atau ancaman yang ada pada jenis usaha tersebut. Misalnya Anda memilih membuka usaha di bidang pertanian, maka Anda harus mempertimbangkan mengenai bibit, cuaca, suhu dan beberapa hal yang mendetail mengenai pertanian. Resiko tersebut berbeda dengan jika Anda memilih usaha di bidang jual beli barang-barang yang tidak tergantung pada suhu, cuaca serta hal lain, resiko yang terjadi akan lebih kecil.

Sehingga sebelum membuka usaha, ketahui terlebih dahulu mengenai detail usaha termasuk ancaman serta resiko yang ada, yang akan menghalangi laju bisnis usaha Anda. Anda juga dapat mencari penyelesaian dari resiko yang mungkin ada.

Nah, demikian beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebelum memutuskan memilih usaha sampingan apa yang akan Anda jalankan. Semoga analisis SWOT tersebut dapat menjadikan Anda mantap ingin menjalankan ide bisnis usaha sampingan di bidang apa.

0 Response to "Strategi Memilih Bisnis Usaha Sampingan"

Posting Komentar