Tips Dan Cara Berkomunikasi Dengan Konsumen / Pelanggan

Tips Dan Cara Berkomunikasi Dengan Konsumen / Pelanggan | Dalam dunia bisnis, apalagi itu merupakan bisnis jual beli dan jasa, sangatlah penting untuk melakukan tips dan cara berkomunikasi dengan konsumen / Pelanggan.

Karena secara tidak langsung kesuksesan kita dalam berkomunikasi dengan konsumen / pelanggan akan membawa dampak kesuksesan pada bisnis kita. Apalagi untuk bisnis jual-beli dan jasa, yang sangat perlu dijaga kepercayaan pelanggannya.

Tips Dan Cara Berkomunikasi Dengan Konsumen / Pelanggan


Lalu…, Apa sajakah tips dan cara berkomunikasi dengan konsumen / Pelanggan, dalam upaya untuk menjaga kepercayaan bisnis yang kita tawarkan? :

1. Pelanggan bukanlah target penjualan anda.

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah lebih penting dibanding menjadikan mereka target penjualan anda. Jika hubungan kita baik maka apapun yang kita tawarkan, mereka akan lebih membeli dari kita dengan Cara Berkomunikasi Yang Baik Dengan Pelanggan.

2. Jadikan dan anggaplah konsumen / pelanggan anda sebagai sahabat.

Persahabatan yang bermanfaat akan menghasilkan kepercayaan yang tinggi. Berhubungan dengan pelanggan sebaiknya menjadikan mereka sahabat dan teman anda, yang memberikan solusi untuk mereka.

3. Topik pembicaraan dalam berkomunikasi dengan konsuman / pelanggan tidaklah harus selalu tentabng berjualan.


Batasi percakapan dengan selalu menawarkan produk/jasa anda. Bercakaplah hal-hal yang memberikan pelanggan anda mendapatkan manfaat untuk mereka. Percakapan yang berarti dan memberikan solusi kepada pelanggan, membuat pelanggan akan percaya dan melirik untuk membeli produk/jasa anda.

4. Usahakan Anda menjadi pendengar setia konsumen / pelanggan Anda saat berbicara.

Berkomunikasi dengan pelanggan, 90% adalah mendengarkan apa yang mereka sampaikan. Pelanggan akan bercakap apa yang mereka hadapi dan butuhkan. Selebihnya anda hanya memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhannya.

5. Sangat penting untuk diketahui, bahwa dalam Anda memberikan solusi, pastikan bahwa bukan Anda lah orang satu-satunya yang dapat memberikan solusi kepada pelanggan.

Pelanggan tentu juga akan mempertimbangkan dan mencari pembanding. Tetaplah menjaga komunikasi dan utamakan “emotional benefit” yang bisa anda berikan kepada pelanggan anda.

6. Menjaga komunikasi yang terbaik adalah dengan memberikan apa yang anda janjikan.

Berikanlah apa pun yang telah anda janjikan, sedikit ingkar janji kepada pelanggan, fatal akibatnya untuk bisnis anda.

Semoga Bermanfaat...!!!